Sabtu, 14 Agustus 2010

Curhat si gula pasir...@!@


Tak ada yang lebih gusar melebihi makhluk Allah yang bernama gulapasir. Pemanis alami dari olahan tumbuhan tebu ini membandingkandirinya dengan makhluk sejenisnya yang bernama sirop.

Masalahnya sederhana. Gula pasir merasa kalau selama ini dirinyatidak dihargai manusia. Dimanfaatkan, tapi dilupakan begitu saja. Walauia sudah mengorbankan diri untuk memaniskan teh panas, tapi manusiatidak menyebut-nyebut dirinya dalam campuran teh dan gula itu. Manusiacuma menyebut, "Ini teh manis." Bukan teh gula. Apalagi teh gula pasir.

Begitu pun ketika gula pasir dicampur dengan kopi panas. Tak adayang mengatakan campuran itu dengan 'kopi gula pasir'. Melainkan, kopimanis. Hal yang sama ia alami ketika dirinya dicampur berbagai adonankue dan roti.

Gula pasir merasa kalau dirinya cuma dibutuhkan, tapi kemudiandilupakan. Ia cuma disebut manakala manusia butuh. Setelah itu, tak adapenghargaan sedikit pun. Tak ada yang menghargai pengorbanannya,kesetiaannya, dan perannya yang begitu besar sehingga sesuatu menjadimanis. Berbeda sekali dengan sirop.

Dari segi eksistensi, sirop tidak hilang ketika bercampur. Warnanyamasih terlihat. Manusia pun mengatakan, "Ini es sirop." Bukan es manis.Bahkan tidak jarang sebutan diikuti dengan jatidiri yang lebih lengkap,"Es sirop mangga, es sirop lemon, kokopandan, " dan seterusnya.

Gula pasir pun akhirnya bilang ke sirop, "Andai aku seperti kamu."**Sosok gula pasir dan sirop merupakan pelajaran tersendiri buat merekayang giat berbuat banyak untuk umat. Sadar atau tidak, kadang adakeinginan untuk diakui, dihargai, bahkan disebut-sebut namanya sebagaiyang paling berjasa. Persis seperti yang disuarakan gula pasir.

Kalau saja gula pasir paham bahwa sebuah kebaikan kian bermutuketika tetap tersembunyi. Kalau saja gula pasir sadar bahwa setinggiapa pun sirop dihargai, toh asalnya juga dari gula pasir. Kalau sajapara pegiat kebaikan memahami kekeliruan gula pasir, tidak akan adaungkapan, "Andai aku seperti sirop!"

0 komentar:

Posting Komentar

bangunan ini tak bisa berdiri tanpa campurtangan anda..!!

Template by:

Free Blog Templates