Minggu, 27 Maret 2011

buku bukan jendela dunia ??

Dalam proses belajar-mengajar, sang professor menjelaskan kepada seluruh mahasiswanya tentang arti penting sebuah buku.

“Mahasiswaku, jika kalian ingin menjadi orang sukses, jadilah orang yang berilmu. Ilmu bisa kalian dapatkan dengan banyak membaca buku.”

“Bacalah buku yang banyak. Karena itu bisa membantu kalian untuk membuka jendela dunia. Buku adalah alat menuju keberhasilan,” Lanjut sang professor.

Seminggu kemudian Professor itu bertemu kembali dengan para mahasiswanya.

“Prof, kata-kata professor pekan lalu tentang buku itu ternyata salah semua,” ujar salah seorang mahasiswanya dengan nada protes.

“Lho, apanya yang salah?” professor itu penasaran.

“Itu lho Pak. Katanya jika kita banyak membaca buku, berarti kita bisa membuka jendela dunia. Tapi mana buktinya, Prof? Semuanya salah. Saya sudah baca 15 buku, tebel-tebel lagi. Tapi tetep aja tidak bisa membuka jendela dunia”. Keluh mahasiswa itu.

“Jangankan jendela dunia, Prof. Jendela rumah saya aja ga bisa dibuka. Padahal jendela rumah saya kan jauh lebih kecil dari jendela dunia, Prof?” Jelas sang mahasiswa.

Professor itu pun ketawa. Dalam hatinya bergumam, “Kok ada ya mahasiswaku yang sebodoh dia. Weleh-weleh”

Kalau aku jadi professornya tentu aku akan menjawab “Kamu salah sih. Tekniknya gini. Selesai baca, kamu lemparin tuh buku ke jendela biar kacanya pecah. Biar sekalian ramai. Biar gaduh sampai mengaduh”. Jadi deh kebuka. Hahaa…. Baca buku dapat membuka jendela rumah. melet

Just a joke. Aku yakin Anda semua yang baca artikel ini sangat paham betapa pentingnya sebuah buku. Bukan hanya sebuah tapi seluruh buku yang ada di dunia ini. Transfer peradaban mungkin tidak akan pernah terjadi tanpa peranan buku.

Kita bisa lihat bagaimana tulisan-tulisan Plato, Aristoteles atau filosof-filosof Yunani yang terangkai dalam sebuah buku dan menjadi acuan bagi perkembangan peradaban berikutnya. Oleh karena itu buku adalah media transfer ilmu, pengetahuan dan wawasan. Jadi sahabat, mari baca buku, raih ilmu dan perluas wawasan kita.

Kata Bijak tentang Ilmu

“Orang-orang yang selalu belajar akan sangat dihormati dan semua kekuatan yang tidak dilandasi pengetahuan akan runtuh.” (Al Ghazali)

“Ilmu merupakan pembuka jalan bagi kehidupan spiritual yang terbimbing, ilmu merupakan petunjuk iman, penuntun amal; ilmu juga yang membimbing keyakinan dan cinta.” (Yusuf Qaradawi)

0 komentar:

Posting Komentar

bangunan ini tak bisa berdiri tanpa campurtangan anda..!!

Template by:

Free Blog Templates