Jumat, 04 Mei 2012

butuh kerja keras lagi..




Bangsa indonesia adalah bangsa yg sangat-sangat besar dan terkenal dengan segala potensinya,sejak jaman dulu kala banyak diperebutkan oleh berbagai bangsa,betapa besar potensi yang dimiliki oleh tanah dan air bangsa ini,baik yg bersifat materiil maupun non materiil,sehingga hampir 400 tahun bangsa ini dijajah bergiliran oleh beberapa bangsa yg notabenenya dari mereka adalah bangsa eropa yg dr segi letak geografisnya begitu jauh dengan negeri indonesia..

entah mengapa mereka (penjajah) begitu kuat dan mudahnya mencengkeram hegemoni kerajaan2 di indonesia saat itu,sehingga bangsa ini dengan mudahnya dijajah dan dikeruk kekayaanya,di eksploitasi sumber dayanya yg melimpah ruah,meski hingga detik ini tak habis2 kekayaan alamnya.itulah mengapa tak heran kerajaan belanda saat ini yg kita lihat di benua eropa tergolong negara maju,dengan penduduk dan luas wilayah tak seberpa.betapa modern-nya kota Amsterdam dengan geliat ekonominya,kokohnya benteng Rotterdam dan pelabuhanya yg sangat besar di eropa,Leiden dengan pusat ilmu pengetahuanya yg terkenal dipenjuru eropa..kekayaan alam negeri ini diangkut demi kemajuan bangsa mereka,modal dan materi bangunanya adalah kekayaan indonesia yg dikeruk berabad2 lamanya.. saya yakin itu..

Dalam sebuah institusi,negara adalah organisasi tertinggi di dunia,yg menghimpun tujuan,kedaulatan,kerakyatan yg berdiri mengawal tujuan dan usaha pemerintahan dalam mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik,oleh karenanya diperlu sebuah kesatuan tekad dan keinginan yg kuat untuk mewujudkan semua itu,tak heran cara yg salah pun diambil..seperti penjajah tadi,mereka pasti mendapat restu dan mandat pemerintahan untuk menjalankan tugas dan misi.diantara misinya yg sangat terkenal yaitu gold(kekayaan),glory(kejayaan),gospel(agama)..

sedikit yg ingin saya maksud adalah perlu sebuah tekad dan action besar untuk mewujudkan sebuah mimpi yg besar,negara belanda luasnya kurang lebih seperti provinsi jawa barat.cukup kecil untuk ukuran negara,meskipun banyak negara yg lebih kecil darinya..namun patut kita contoh adalah tekad mereka bisa menguasai dunia melalui kolonialisme sejak abad 14-an,tak heran selain indonesia jajahan belanda tersebar dari asia,afrika,hingga amerika latin meski jajahan negara belanda masih kalah banyak dibanding Inggris.. sebagai contohnya afrika selatan,suriname,indonesia adalah bukti bahwa sekecil apapun kelompok maupun organisasi jika terstruktur dan teroganisir dengan baik akan mengalahkan bangsa yg jauuh lebih besar dan berlipat2 luas tanahnya,dan jumlah penduduknya..

Pendidikan,.. iya pendidikan adalah salah satu jawaban penting betapa dibutuhkanya sebuah usaha nyata dan usaha untuk mewujudkanya,bansa belanda adalah bangsa yg sangat maju dlm segi pengetahuan kala itu,tak heran mereka dengan mudahnya membodohi bangsa manapun dengan pengetahuan dan pendidikan yg mereka miliki.

penjajahan pemikiran adalah dampak lain dibalik penjajahan fisik yg diterima bangsa ini,perlu berabad2 lamanya untuk sekedar memerdekakan diri,dengan mudahnya perjanjian2 yg telah dibuat sebelumnya selalu merugikan bangsa ini dikarenakan ketidakcakapan berdiplomasi dan kurangnya pengetahuan..

namun seiring fajar datang harapan2 itu tumbuh dan dibutuhkan sebuah kerja keras dan besar untuk membawa bangsa yg besar ini,bersuku2,berbeda bahasa dan budaya dalah tantangan bansa ini ditengah2 ancaman disintegrasi bagsa yg bisa muncul kapanpun,bangsa ini perlu sebuah rambu2 yg mana dibutuhkan bagi perkembangan dan kemajuan bangsa dengan tantangan yg jauh lebih komleks di depan nanti..

saya selaku kaum muslim jg yakin,bangsa indonesia yg mayoritas muslim ini tidak akan berdiam diri saja,untuk mewujudkan sebuah cita2 bangsa memberikan sumbangsih yg terbesar dan paling besar dlam perjalanan bangsa kedepan,pendidikan islam adalah jawabanya.

Islam sangat mementingkan pendidikan. Dgn pendidikan yg benar dan berkualitas, individu2 yg beradab akan terbentuk yg akhirnya memunculkan kehidupan sosial yg bermoral. Sayangnya, sekalipun institusi2 pendidikan saat ini memiliki kualitas dan fasilitas, namun institusi2 tersebut masih belum memproduksi individu2 yg beradab. Sebabnya, visi dan misi pendidikan yg mengarah kepada terbentuknya manusia yang beradab, terabaikan dalam tujuan institusi pendidikan.

Penekanan kepada pentingnya anak didik supaya hidup dengan nilai2 kebaikan, spiritual dan moralitas seperti terabaikan. Bahkan kondisi sebaliknya yg terjadi. Saat ini, banyak institusi pendidikan telah berubah menjadi industri bisnis, yg memiliki visi dan misi yg pragmatis. Pendidikan diarahkan untuk melahirkan individu2 pragmatis yg bekerja tuk meraih kesuksesan materi dan profesi sosial yg akan memakmuran diri, perusahaan dan Negara. Pendidikan dipandang secara ekonomis dan dianggap sebagai sebuah investasi. Gelar dianggap sebagai tujuan utama, ingin sgera dan secepatnya diraih supaya modal yg slama ini dikeluarkan akan menuai keuntungan. Sistem pendidikan seperti ini sekalipun akan memproduksi anak didik yg memiliki status pendidikan yg tinggi, namun status tersebut tidak akan menjadikan mereka sebagai individu2 yang beradab. Pendidikan yg bertujuan pragmatis dan ekonomis sebenarnya merupakan pengaruh dari paradigma pendidikan Barat yg sekular.

Dalam budaya Barat sekular, tingginya pendidikan seseorang tidak berkorespondensi dengan kebaikan dan kebahagiaan individu yang bersangkutan. Dampak dari hegemoni pendidikan Barat terhadap kaum Muslimin adalah banyaknya dari kalangan Muslim memiliki pendidikan yg tinggi, namun dalam kehidupan nyata, mereka belum menjadi Muslim2 yg baik dan berbahagia. Masih ada kesenjangan antara tingginya gelar pendidikan yang diraih dgn rendahnya moral serta akhlak kehidupan Muslim. Ini terjadi disebabkan visi dan misi pendidikan yg pragmatis. Sebenarnya, agama Islam memiliki tujuan yang lebih komprehensif dan integratif dibanding dengan sistem pdidikan sekular yg semata2 menghasilkan para anak didik yg mmiliki paradigma yg pragmatis..

dibutuhkan kerja keras untuk mewujudkan itu semua karena pendidikan bukan hanya tanggung jawab negara saja tapi juga segenap warga negara,apalagi peran seorang muslim sangat penting karena islam memberi wadah dan peran bagi umat dalam mendorong dan memotivasi baik diri keluarga dan yg bersekala besar bagi kemajuan umat islam agar lebih pintar dan maju dalam peradaban,tak heran jika Allah akan memberikan jalan kemudahan surga bagi hambanya yg bersungguh2 dalam mencari ilmu dan mengangkat derajatnya lebih tinggi daripada orang yg tidak berilmu bahkan orang ug ahli ibadah..

0 komentar:

Posting Komentar

bangunan ini tak bisa berdiri tanpa campurtangan anda..!!

Template by:

Free Blog Templates